Pages

Jumat, 11 Mei 2012

Membuat Website Gratis

Bismillaah hirrohmaanirrohiim,

Aku lagi coba-caba belajar bikin website sendiri nih. Tapi biasanya yang namanya website itu kan berbayar. Trus akhirnya setelah googling (tentu saja ke mbah google) dapet juga nih tutorial cara membuat website gratis, asiiikk..
Untuk kamu-kamu yang newbi tentang website saranku sih ya mencoba dulu buat yang gratisan ini, soalnya kalau nanti kalian sudah punya website yang berbayar jadi ga kaku-kaku banget untuk utak-atik website kalian.


Website bisa digunakan oleh perorangan, LSM, Lembaga, Bisnis, atau Perusahaan. Jika penggunaannya untuk lembaga atau perusahaan skala besar tidak disarankan memakai website gratisan yah guys.. Ya iya dong, ntar malah bisa merusak reputasi bisnis mu sendiri. Perusahaan kalau mau tersohor ya website-nya juga harus yang canggih dong, masa gratisan, hehehe..


Nah kalau postinganku ini sekedar untuk belajar dan mengetahui bagaimana sih langkah-langkah pembuatan website itu. Yuk mariiii...Ikutin langkah-langkah berikut ya, cermati dengan seksama jangan sampai salah, tidak sulit kok ^_^

Langkah 1 : Membuat Domain
Domain adalah istilah lain untuk nama website-mu nanti. Jika kamu berminat untuk mempunyai dan belajar membangun sebuah website tanpa mengeluarkan uang seperser pun, silahkan klik link berikut : Cara Mendapatkan Domain Gratis

Langkah 2 : Membuat Hosting
Setelah kamu memiliki sebuah domain, maka yang kamu butuhkan sekarang adalah hosting yang berfungsi agar website-mu dapat di akses di seluruh dunia melalui internet. 2 hal yang paling penting dalam pembuatan sebuat website adalah domain dan hosting. Cara membuat hosting silakan klik link berikut : Hosting Gratis Menggunakan 000webhost

Langkah 3 : Aktifasi Hosting
Dengan meng-aktifkan hosting, maka kamu akan bisa meng-edit dan memberi kontent pada website-mu nanti. Cara meng-aktifkan penggunaan hosting, klik link berikut : Aktifasi Hosting Gratis 000webhost

Langkah 4 : Set Up DNS Domain dan Hosting
Tujuan Setup DNS adalah agar domain dan hosting bisa saling terhubung dan dapat bekerja sama untuk bisa di akses dari seluruh dunia melalui internet. Klik disini untuk men-setup DNS.

Langkah 5 : Pilih Template Untuk Website
Setelah website-mu sudah berhasil dibuat, ayo pilih desain template yang kamu suka untuk website-mu. Cara mudah saja, klik disini.

Langkah 6 : Editing Website
Setelah website-mu sudah siap untuk di promosikan, maka sekarang waktunya untuk meng-edit dan memberi konten/isi pada website-mu. Ini panduannya...


Langkah 7 : Merubah Tab Navigasi
Tab navigasi yang di maksud disini adalah tab yang memberi penjelasan kepada pengunjung website akan halaman-halaman yang ada di dalam website tersebut seperti home, product, contact dan lain-lain. Mungkin kamu ingin merubah tulisan tersebut menjadi tulisan yang berbahasa Indonesia atau bahasa lain seperti bahasa daerahmu sendiri. Caranya klik disini.
Jika kamu merasa perlu untuk menambah tab navigasi di website-mu klik disini. Bertambah banyak kategori dari konten maka bertambah pula kebutuhan akan tab navigasi yang berfungsi untuk mempermudah pengunjung dapat mencari informasi yang mereka butuhkan dan mengetahui seluruh halaman yang tersedia dengan mudah.
Jika ingin merubah posisi dari tab navigasi yang tadi sudah kamu buat caranya seperti ini, klik disini.

Langkah 8 : Menambah Halaman Baru
Rasanya perlu untuk menambahkan halaman baru pada website, karena kebutuhan akan bisnis dan membuat pengunjung menjadi betah dan ingin berlama-lama di website-mu. Untuk menambahkan halaman baru pada website Anda klik disini.

Langkah 9 : Menambah Sub Tab pada Tab Navigasi
Tujuannya adalah untuk mempermudah pengunjung website menemukan informasi yang  mereka cari dan jika pengunjung website mengarahkan mouse ke  tab navigasi utama maka secara otomatis akan muncul tab-tab tambahan di dalam tab navigasi utama tersebut. Caranya sebagai berikut : Menambah Sub Tab.

Langkah 10 : Membuat Anchor Text Link
Anchor Text adalah tulisan yang berisi link menuju ke halaman/website lain. Tujuan pembuatan anchor text adalah untuk mempermudah dan mengajak pengunjung menuju halaman yang kamu arahkan.

Contoh : google

Jika seseorang meng-klik tulisan diatas, orang tersebut akan di arahkan menuju website google.
Klik disini untuk cara membuat anchor text link ke halaman lain.
Klik disini untuk cara membuat anchor text link ke website lalin.

Langkah 11 : Menyisipkan Gambar
Gambar sudah menjadi satu kesatuan di dalam website dengan tujuan untuk lebih mempercantik tampilan website dan menjadi sangat penting karena bisa memberikan informasi secara visual kepada para pengunjung.
Dengan menggunakan gambar, pengunjung website bisa lebih mengerti apa yang disampaikan oleh webmaster atau pemilik website. Cara menyisipkan gambar, klik disini.

Langkah 12 : Copas Artikel dari File MS.Word
Untuk memindahkan articles dari file MS. Word dan menjadikannya konten ke dalam website tidak dapat dilakukan secara langsung dengan meng-copy paste articles ke dalam website. Triknya adalah dengan menggunakan tools khusus yang sudah tersedia. Caranya sebagai berikut, klik dsini.
Langkah 13 : Membuat Halaman Koran
Untuk lebih mempercantik atau memperindah halaman pada website bisa menggunakan teknik halaman koran. Dengan teknik ini, maka halaman pada website akan lebih bervariatif dan pengunjung dapat langsung melihat halaman-halaman yang ada pada saat pertama kali mereka berkunjung. Ini dia caranya klik disni.


Nah itu tadi tips dan langkah gimana caranya membuat website gratis. Mudah bukan..?1? Sebenarnya sih langkah yang utama itu cuma langkah ke 1 - 4 saja, untuk langkah setelah itu hanya tambahan untuk mempercantik website-mu saja. So, silakan dicoba ya..
Terima kasih, jangan lupa untuk memberi komentarnya ya ^_^

1 komentar:

wawan mengatakan...

mbak e..mbak e... terimakasiihh :D

Posting Komentar