Pages

Sabtu, 19 Mei 2012

"Jangan Lakukan Sesuatu Karena Terpaksa", kata Tukang Kue Putu

Bismillaah hirrohmaanirrohiim,

Tadi nih sore-sore iseng beli kue putu lewat depan jalan. Kue putu yummy, i like it ^_^
 Tetangga yang lain juga pada beli ternyata, ikutan ahh..

Aku : Bang beli bang, saberaha bang?

Tukang putu : biasa neng 500 ajah.

Aku : bikinin 3ribu weh bang.. (berhubung cuma makan sendiri, segitu juga udah banyak lah ^.^)

Tukang putu : siap neng..

Tiba-tiba si abang diajak ngomong ama anak kecil yang mau beli juga, si anak ngomong bahasa sunda, eh si abang nya ga ngerti, hahaha..


Tukang putu : aduuhh susah bener ya ngomong sunda, pake bahasa indonesia aja de..

Anak kecilnya malah lari ke rumah, ngambil duit 1000 trus ngambil kue putunya trus main lagi tanpa ngomong apa-apa lagi.

Aku : loh bang orang mana gitu kok ga ngerti bahasa sunda?

Tukang putu : saya mah orang jawa neng.

Aku : yaahh..sama dong bang, saya juga ndak ngerti ngomong sunda, wkwkwk.. saya juga lebih ngerti bahasa jawa, hahahaha... Kok jauh banget bang merantau sampai ksini?

Tukang putu : yaah  mba (hahaha manggil aku langsung mba deh) saya mah pernah jualan dimana-mana. Bukit tinggi pernah, palembang, pokoknya daerah Sumatera n Jawa udah saya sambangi mba.

Aku : widiih keren amat bang jualan putu aja uda bisa keliling indonesia gitu, aku aja keluar pulau jawa baru ke pulau bali aja.. ckckck

Tukang putu : asal saya brebes mba, saya pernah jadi penjaga toko trus saya ga sreg ama yang saya lakukan. Akhirnya saya nyoba jualan putu bikinan sendiri tapi saya merantau ke kota-kota lain mba. Yah mba bukan saya sombong, tapi jujur nih, penghasilan saya jualan putu dibanding saya kerja ama orang mah hasilnya lebih banyak jualan putu mba. Saya mah seneng mba jualan sambil jalan-jalan bermodalkan gerobak saya ini keliling kota-kota besar, ke pulau-pulau lain, jadi ada ide jualan ke Bali nih mba, saya belum pernah kesana.

Aku : enak juga ya bisa gitu bang, ga takut gitu bang di kota-kota lain, betah ga kalo disini mah?

Tukang putu : apa yang harus ditakutkan emangnya mba? Saya mah dimana aja betah-betah aja. Intinya yg penting happy. Saat ini saya cukup puas dengan apa yang saya lakukan ini. Bisa berinteraksi ama orang di berbagai daerah terus mba kalo jualan itu harus pake hati, jujur, juga bersih mba. Yang terpenting sih satu mba, "Jangan Lakukan Sesuatu karena Terpaksa" itu hasilnya ga akan bikin kita puas.
(waduhh aku dinasehatin nih ama si abang,wkwkwk...)

Aku : iya emang harus gitu bang, bener itu mah.. (sambil manggut-manggut aja ngeliatin kue putunya bikin ngiler bho,seriusan deh..)

Tukang putu : nih mba putu nya, matur suwun yo mba, saya ke tempat ibu-ibu dulu (sambil terima uang dari aku)

Aku : ooh iya suwun juga ya mas..(sambil nutup pager, hahaha terakhirnya baru manggil 'mas')

Sampai di dalem sambil makan tuh kue putu, kepikiran juga sama kata-kata si tukang putu. Coba deh kalian lakukan sesuatu karena disuruh orang lain walaupun itu akan menghasilkan nilai yang 'WAH' bedakan kalau itu kamu lakukan karena motivasi dari dirimu sendiri. Iya juga ya, sesuatu yang terpaksa itu akan membuat seseorang tertekan, apapun itu.
Putu-nya enak juga, karena emang aku suka putu sihh ^_^ Matur suwun untuk putunya dan pelajaran hidupnya pada sore hari ini...

0 komentar:

Posting Komentar